Menghilangkan Bercak Hitam pada Foto

Ketika kita mengambil foto menggunakan kamera DSLR, pas liat hasilnya ada bercak bercak hitam. Pernah nggak ngalaminnya?

Bercak hitam ini muncul biasanya karena adanya jamur/debu yang menempel pada sensor atau lensa kamera. Sehingga hasilnya akan seperti ini.

1

Sebaiknya segera dibersihkan sebelum semakin parah. Biasanya bisa dibersihkan di SC (Service Center) atau yang nekat serta memiliki tekad yang kuat bisa bersihkan sendiri dengan mengikuti tutorial yang tersebar di blog, forum fotografi.

Tetapi hasil foto yang udah terlanjur diambil menggunakan kamera yang berjamur ini kan nggak mungkin dibuang begitu saja. Mana tau ada yang bagus dan cuma bercak hitam yang membuat hasilnya nggak bagus. Kan sayang jadinya kalau dibuang.

Ok deh kita mulai aja caranya.

Disini saya hanya menggunakan aplikasi mobile yang bernama Snapseed. Buat yang ingin aplikasinya silahkan download disini

Setelah aplikasinya terinstall, silahkan jalankan aplikasinya

2

Klik open photo dan pilih foto yang akan kita edit.

3

Klik tombol pensil disudut kanan bawah.

4

Pilih Healing. Maka kita sudah masuk ke mode healing

5

Zoom foto agar lebih kelihatan bercak hitam dengan jelas

6

Lakukan healing dengan cara klik tahan pada bagian sekitar bercak hitam, geser ke arah bercak hitam. Jika hasilnya nggak bagus silahkan undo dan lakukan lagi dari bagian lain sampai hasilnya pas.

7

Lakukan hal diatas kembali di bagian bercak hitam lain. Klik tanda ceklis untuk apply yang diedit tadi. Klik save untuk menyimpan foto yang telah diedit.

Maka hasil akhirnya akan seperti ini, bersih tanpa noda.

IMG_2720-01

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s